Pendaftaran CPNS 2014 Setelah Pilpres

Pendaftaran CPNS Diundur Agustus 2014 setelah sebelumnya akan dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2014 setelah pemilu presiden selesai dilaksanakan.

Hal ini berdasarkan pada pernyataan Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) dikarenakan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) masih melakukan penetapan formasi untuk setiap instansi.

Informasi terbaru dan terupdate bahwa Instansi Pemerintah pusat maupun daerah yang membuka lowongan CPNS bisa mulai membuka pengumuman pembukaan penerimaan CPNS tanggal 11 dan 24 Agustus 2014. Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran online di http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014.

Pengumuman Pembukaan Penerimaan CPNS tanggal 11 dan 24 Agustus 2014

Rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun 2014 akan dimulai setelah pelaksanaan pemilihan presiden. Demikian diungkapkan oleh Eko Sutrisno selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa tahapan penerimaan cpns 2014 usai pilpres nantinya seperti yang dilansir dari laman website www.merdeka.com tanggal 24 April senin kemarin.

Tetunya hal ini juga akan menjadi salah satu kabar gembira bagi mereka yang menanti perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2014. Sebab, tahun ini formasi cpns 2014 ini akan dibuka 65.000 formasi yang perekrutannya akan dilaksanakan usai Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) atau tepatnya setelah tanggal 9 Juli 2014.

Dengan dibukanya pendaftaran cpns disertai dengan puluhan ribu formasi tersebut maka terbuka lebar peluang bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS pada tahun ini. Tak hanya itu saja, pemerintah juga membuka formasi PPPK tahun 2014 ini adalah sebanyak 35.000 PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Eko Sutrisno mengatakan jika tes perekrutan pegawai negara tersebut bakal dilangsungkan pasca Pemilu Presiden. Aparatur Sipil Negara 2014, kata dia, ada 100.000 formasi untuk pusat dan daerah. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu mengatakan hingga hari ini pihaknya belum menerima usulan formasi dari pemerintah daerah maupun pusat terkait dengan lowongan cpns 2014 ini nantinya juga.

Pendaftaran CPNS 2014 Setelah Pilpres

Meski demikian ia memaklumi akan hal itu. Sebab, kondisi saat ini masih disibukkan dengan kelengkapan pemberkasan pasca perekrutan CPNS 2013 lalu. Dalam pada itu, perekrutan aparatur negara tahun ini akan fokus pada tenaga kerja khusus serta pelayanan seperti guru.

Di samping itu ada pula formasi yang difokuskan seperti pelayanan dasar dan ahli profesi kesehatan seperti formasi cpns kemenkes 2014 dan juga pada bidang lainnya seperti halnya pertanian. Penerimaan CPNS tahun 2014 ini memang berbeda sebab dilakukan bersamaan dengan gawe pemerintah Indonesia yaitu dengan adanya yakni Pemilu 2014. Untuk itu pemerintah miliki niatan untuk mempercepat pelaksanaannya.

Dengan demikian, Herman memperkirakan dan juga menambahkan bahwa tes seleksi CPNS 2014 akan mulai digelar serentak, baik pusat maupun daerah, pada Minggu pertama di bulan Agustus.

Menurut Herman, untuk pengadaan tes pada Agustus mendatang, secara keseluruhan akan dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Bagi daerah yang masih belum memadai infrastrukturnya, lanjut Herman, Kementerian PAN-RB akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) untuk meminjam laboratorium dinas pendidikan dan kebudayaan (Dispendik) daerah.

Sementara itu, pelaksanaan seleksi tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang akan dilakukan pada 1 September 2014 sampai selesai. Lamanya pelaksanaan tergantung jumlah pelamar dan kapasitas computer assisted test (CAT). Setelahnya, instansi wajib mengumumkan kelulusan peserta yang lulus tes cpns 2014 melalui media online atau cetak. Namun, jadwal ini masih bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mempercepat proses perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab, tahun ini, Indonesia akan juga menyelenggarakan pemilihan umum.

Rencananya, pada informasi update dan terbaru pendaftaran CPNS akan dibuka pada bulan ketiga atau Maret mendatang. Ini untuk penyusunan formasi pada tiap daerah dan juga cpns kementrian pusat. "Tahun ini kita buka, kalau bisa ujiannya itu pertengahan tahun. Kita percepat, jangan akhir tahun seperti yang lalu," ujar MenPAN-RB, Azwar Abubakar, saat ditemui di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Rabu (22/1).

Sementara, untuk ujian pendaftaran, Azwar mengatakan akan cpns digelar sebelum atau sesudah Pemilu 2014. "CPNS ini kita lagi usahakan ujiannya Juni apa Juli. Sebelum pilpres atau sesudah Pilpres. Kira-kira itulah," ucapnya.

Pendaftaran CPNS Diundur Juli 2014

Diusahakan, kata Azwar, ujian pendaftaran bakal digelar sebelum atau sesudah KPU Mengumumkan Pemenang Pilpres 22 Juli 2014. Ia sendiri targetkan di bulan Juni atau Juli. Itu berarti sesuai dengan rencana BKN yang membidik usai Pilpres yakni pada Juli.

Membaca informasi diatas maka sepertinya nantinya penerimaan cpns kemendikbud 2014 nantinya di laman website cpns.kemdikbud.go.id akan membuka formasi guru dan dosen serta pendidik yang lebih banyak daripada di tahun 2013 ini.

Demikian juga dengan pendaftaran cpns kemenkes 2014 ini nantinya di laman ropeg.kemenkes.or.id akan banyak formasi tenaga kesehatan khususnya perawat, dokter apoteker, bidan dan lain-lain

Dan nantinya bila pemerintah telah mengumumkan kapan pastinya jadwal penerimaan cpns tahun 2014 ini diumumkan nantinya akan selalu diberitahukan melalui update info pendaftaran CPNS 2014. Dan jangan lupakan pola untuk belajar mengenai Kumpulan Soal-Soal Tes CAT CPNS Terbaru 2014.

5 comments:

  1. wah pendaftaran cpns sudah dekat pasti banyak banget yang mendaftar yah mas, semoga buat yang mendaftar bisa diterima jadi cpns yah :)

    ReplyDelete
  2. Kita berharap pemilu ini berjalan lancar sehingga nantinya untuk pendaftaran cpns 2014 juga berjalan lancar dan aman

    ReplyDelete
  3. jadi kesimpulannya penerimaan cpns sebelum atau sesudah Pilpres?? kok awalnya dikatakan setelah, tapi pada akhir-2 berita diatas ssebelum..

    ReplyDelete
  4. Semoga istri saya bisa jd cpns amin

    ReplyDelete
  5. Ya Allah Semoga saja pembukaan cpns nanti dilaksanakan saat hamba sudah memiliki ijazah DIII Keperawatan tahun 2014, aagr hamba bisa mengikuti test nya y Allah

    ReplyDelete