Daftar Instansi Kementrian Daerah Membuka Lowongan CPNS 2014

Penerimaan seleksi tes cpns 2014 ini akan diikuti oleh Instansi pemerintahan mulai dari tingkat Pusat yaitu cpns kementrian dan juga pendaftaran cpns Provinsi Kabupaten Kota sebanyak 382 instansi. Hal ini seperti informasi yang didapat dan dilansir dari laman www.setkab.go.id yang memuat pemberitaan dengan judul 482 Instansi Akan Rekrut CPNS, Termasuk 384 Pemerintah Kabupaten/Kota di tahun 2014 ini.

Formasi lowongan cpns 2014 ini adalah keseluruhan berjumlah 100 ribu yang akan diisi nantinya oleh peserta yang telah lulus dalam melaksanakan dan mengikuti Tahapan Seleksi Tes CPNS Online Dan CAT 2014 nantinya. Tentunya persaingan akan semakin ketat dan peserta juga harus mempunyai tips kiat lulus tes cat cpns tahun 2014 juga akan bisa berhasil dengan baik masuk menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun anggaran 2014-2015 ini.

Ada 482 instansi yang membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014. Instansi pemerintah yang mendapat formasi dan akan membuka tes CPNS terdiri dari instansi pusat yaitu sebanyak 31 kementerian dan 40 lembaga negara. Sedangkan untuk penerimaan cpns pemerintah daerah terdiri dari 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten kota.

Daftar Instansi Kementrian Daerah Membuka Lowongan CPNS 2014

Kementrian Lembaga Negara Yang Membuka Formasi Lowongan CPNS 2014


Berikut penjelasan yang diperoleh dari Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang mengatakan bahwa untuk formasi CPNS terbagi menjadi 25 ribu formasi yang disediakan untuk instansi Pemerintah Pusat, dan 40 ribu formasi untuk Pemda, sedangkan formasi PPPK terdiri dari 10 ribu untuk Pusat dan 25 ribu untuk Daerah.

Prioritas rekrutmen CPNS untuk instansi pusat adalah untuk jabatan fungsional tertentu (jabatan fungsional) yang menjadi jabatan utama di instansinya, dan jabatan fungsional lain sebagai penunjang jabatan utama. Selain itu, juga diprioritaskan untuk jabatan fungsional umum (pelaksana yang melaksanakan tugas teknis.

Adapun prioritas CPNS untuk pemerintah daerah meliputi pelamar umum dengan prioritas jabatan di lingkungan dinas yang menunjang program pelaksanaan pembangunan sesuai potensi dan karakteristik daerahnya masing-masing. Selain itu, lanjut Herman, juga pelamar khusus dengan prioritas jabatan dokter PTT untuk penempatan pada sarana pelayanan kesehatan pemerintah di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kurang diminati.

Daftar situs pendaftaran cpns online instansi pusat dan daerah 2014 juga nantinya akan diumumkan pada masing-masing kementrian lembaga negara dan pemerintah daerah yang telah membuka seleksi tes cpns ini.

Berikut adalah beberapa kementrian dan lembaga negara yang pada tahun 2013 kemarin telah membuka formasi cpns dan kemungkinan juga pada tahun ini kementrian yang nanti disebut juga akan membuka lowongan formasi rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 nantinya yaitu antara lain :
Daftar Kementrian Lembaga Negara Yang Membuka Formasi Lowongan CPNS 2014

Lembaga Negara Yang Membuka Formasi Lowongan CPNS 2014 antara lain seperti halnya di tahun 2013 kemarin yaitu :
  • Badan Narkotika Nasional (BNN)
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN)
  • Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
  • Badan Nasionala Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)
  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
  • Kejaksaan Agung
  • Sekretariat Kabinet
  • Sekretariat Jenderal BPK
  • Sekretariat Jenderal DPR
  • Sekretariat Mahkamah Agung
  • Sekretariat Mahkamah Konstitusi
  • Sekretariat Komisi Yudisial

Daftar Provinsi Kabupaten Kota Yang Membuka Lowongan Tes CPNS 2014


Berikut beberapa pemerintahan daerah yang membuka lowongan cpns di tahun 2013 kemarin yang mungkin juga akan diikutkan untuk mengisi dan menjalani proses rekrutmen seleksi tes cpns tahun anggaran 2014-2015 ini. Pemerintah daerah tersebut antara lain adalah :
  1. Provinsi NAD ( Nangroe Aceh Darussalam)
  2. Provinsi Sumatera Barat
  3. Provinsi Bangka Belitung
  4. Provinsi Sumatera Utara
  5. Provinsi DKI Jakarta
  6. Provinsi Jawa Tengah
  7. Kabupaten Semarang
  8. Pemerintah Kota Semarang
  9. Kota Magelang
  10. Kota Pekalongan
  11. Kota Surabaya
  12. Provinsi Kalimantan Tengah
  13. Provinsi Kalimantan Selatan
  14. Provinsi Kalimantan Barat
  15. Provinsi Jawa Timur
  16. Kota Banjarmasin
  17. Provinsi Sulawesi Tengah
Dan nantinya akan diupdate setelah pengumuman resmi telah diumumkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka seleksi tes calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2014 ini.

Materi Soal Tes CAT CPNS


Herman menjelaskan, menurut rencana, pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi (sistem single entry) akan dilakukan pada bulan Juli, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014. Ia menyebutkan, satu pelamar kini dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi. “Saat pendaftaran tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja,” tambah Herman.

Materi Soal Tes CAT CPNS 2014

Ditambahkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB itu, seperti tahun lalu materi tes TKD terdiri dari 3 kelompok soal tes cpns yaitu terbagi atas :
  • Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.
  • Kelompok kedua adalah karakteristik pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain.
  • Kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.
Herman memastikan jika hampir semua seleksi CPNS itu akan menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT), hal ini tes dengan basis CAT ini bertujuan dan bermanfaat dalam rangka menjamin transparansi, obyektifitas, dan bebas dari KKN dalam seleksi.

6 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali infonya..

    ReplyDelete
  2. makasih infonya pak *smile

    klo gk salah gaji PNS thn ini naik...., salah satu terobosan diakhir masa jabatan SBY

    ReplyDelete
  3. sudah sering dan banyak temen temen dan adik angkatan yang saya kasih rekomendasi untuk buka web ini, karena segala hal tentang CPNS lengkaplah sangat.

    ReplyDelete
  4. Saya sepakat dengan Mang Lembu di atas saya ini

    ReplyDelete