Tes CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT

Seleksi Tes CPNS 2014 Wajib Memakai CAT hal inilah yang telah diterangkan oleh kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi (Kemenpan RB)bahwasannya semua instansi akan memakai sistem berbasis komputer Computer Assisted Test (CAT). Demikian diungkapkan oleh Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM seperti informasi yang dilansir dari www.jpnn.com tentang pemberitaan seleksi cpns 2014 dilakukan tidak serempak karena memakai CAT.

Hal ini juga terkait dengan adanya pelaksanaan seleksi CPNS 2014 tidak akan serentak lagi seperti pada penerimaan dan juga Tes CPNS 2013 yang sebagian instansi telah menggunakan sistem komputer dan sebagian yang lain masih menggunakan sistem yang lama atau sistem Lembar Jawab Komputer (LJK). Karena memang di mulai tahun ini pemerintah Indonesia telah mewajibkan seluruh instansi baik pusat dan daerah menggunakan sistim computer assisted test (CAT).

Tes CPNS 2014 Menggunakan Pakai Sistem CAT

Metoda Tes CAT CPNS 2014


Metode CAT yang dikembangkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) keunggulan tersendiri dibandingkan dengan menggunakan Sistem LJK. Salah satu keunggulan tes CPNS pakai CAT adalah keseluruhan peserta tes akan bisa secara langsung untuk mengetahui skor / nilainya masing-masing setelah selesai mengerjakan tes sehingga dengan demikian bisa menilai apakah dirinya bisa lulus atau tidak dengan nilai yang telah diperolehnya.

Kementerian yang terkait dengan pelaksaan tes cpns wajib menggunakan sistem basis komputer ini juga berharap Computer Assisted Test (CAT) bisa menggantikan isian Lembar Jawaban Komputer yang dinilai rawan kecurangan. Targetnya pada tahun 2014 seluruh instansi yang menggelar Seleksi CPNS bisa menggunakan CAT.

Jadwal tes cpns 2014 juga seperti informasi yang terakhir didapatkan adalah akan dilaksanakan setelah pelaksanaan pemilu presiden tahun 2014 ini. Baca lebih lanjut dalam informasi mengenai hal tersebut di link tautan berikut ini : Penerimaan CPNS Tahun 2014 Usai Pilpres Bulan Juli-Agustus

Dengan perubahan tersebut yaitu perubahan dari sistem LJK ke CAT pada pelaksanaan tes seleksi cpns tahun 2014 ini, maka hal ini akan mengakibatkan pelaksanaan tes tidak serentak lagi, tapi akan dilaksanakan secara bertahap. Jadi hal ini akan bisa memberikan kesempatan kepada pelamar untuk uji kemampuan di beberapa instansi.

"Otomatis dengan sistim CAT dan tesnya bertahap, setiap pelamar bisa saja melamar di lebih dari satu instansi. Tapi tidak masalah karena kan sistim pengujiannya sangat transparan dan langsung kelihatan kemampuan pelamarnya," ujar Setiawan Wangsaatmaja.

Soal-Soal Tes CAT CPNS


Kumpulan berbagai macam bentuk soal tes computer assisted test ini juga banyak ditemukan di media-media online. Belajar berbagai macam soal CAT untuk persiapan menghadapi seleksi penerimaan dan pendaftaran calon pegawai negeri sipil tahun ini adalah merupakan bagian dari tips cara lulus cat pada cpns 2014 di tahun ini juga.

Metoda Tes CAT CPNS 2014

Soal dalam sistem CAT sendiri dipastikan bakal selalu diperbaharui. "Kalau ada soal yang sudah terlalu banyak dipakai, tentu tidak akan kami gunakan lagi," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Rekrutmen Endar Setiawan. BKN kini sedang mengkaji adanya diskusi kisi-kisi menjawab soal CAT di forum online Kaskus. "Perlu kami cek dulu," ujar Bayu. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan juga memiliki catatan khusus soal tes CAT. (tempo.co)

Diakuinya masih banyak daerah yang infrastrukturnya belum memadai untuk pelaksanaan CAT. Namun, KemenPAN-RB telah memberikan sosialisasi kepada seluruh instansi pusat dan daerah yang akan melaksanakan tes CPNS untuk menyiapkan diri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat 12 Kantor Regionalnya pun sudah menyiapkan infrastrukturnya.

"Jadi bagi daerah yang jaraknya jauh dengan Kanreg BKN, bisa menyiapkan peralatan komputernya. Apakah dengan menggandeng Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau dengan menyewa komputer. Nanti dari BKN yang akan menyiapkan materinya," ucapnya.

Tes cpns 2014 wajib pakai CAT ini salah satu pertimbangannya adalah karena hasilnya akan lebih transparan, cara ini juga lebih menghemat waktu dan biaya. Tes CPNS 2013 yang menggunakan CAT minus komplain karena memang sangat objektif hasilnya. (www.jpnn.com).

3 comments:

  1. sudah siap tidak ya mas perangkat-perangkatnya jika menggunakan sistem ini

    ReplyDelete
  2. CAT di jamin jujur dan bersih, setelah selesai mengerjakan soal, nilai langsung muncul di layar komputer peserta, 15-30 menit kemudian rekap nilai seluruh peserta akan diumumkan

    ReplyDelete
  3. kalo sekarang masih bisa daftar ap angga yahhh

    ReplyDelete