Jadwal Tahapan Persyaratan Penerimaan CPNS 2014

Pengumuman pendaftaran cpns tahun 2014 akan resmi diumumkan oleh Pemerintah Pusat dan juga pemerintah daerah yang akan melakukan seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil di tahun ini. Pada tahun 2014 ini Pemerintah akan mengadakan rekrutmen cpns untuk 5 jalur yaitu jalur pelamar umum, jalur honorer K2, formasi khusus tenaga kesehatan untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas. Demikian informasi yang didapat dari situs website resmi BKN di pada sistem seleksi CPNS Nasional 2014 sscn.bkn.go.id.

Untuk mewujudkan PNS yang kompeten bebas dari korupsi kolusi nepotisme maka pemerintah akan mengadakan penerimaan pendaftaran cpns di tahun 2014
ini yang akan dilakukan secara serempak dan juga menggunakan sistem pendaftaran (registration) online.

Sistem pendaftaran CPNS online 2014 ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Jadwal Tahapan Persyaratan Penerimaan CPNS 2014

Formasi CPNS 2014

Jadwal seleksi CPNS 2014 bulan Juni 2014 akan segera mulai dilaksanakan secara bertahap dimulai pertengahan juni sampai dengan Oktober. Demikian seperti yang diungkapkan oleh Eko Prasojo selaku Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PAN-RB, Rabu 28 Mei 2014 yang lalu.

Formasi lowongan cpns 2014 juga nantinya akan diumumkan oleh pemerintah dan instansi pusat kementrian yang terkait setelah informasi resminya diumumkan kepada publik. Demikian juga tentunya dengan proses seleksi rekrutmen CPNS Kemenkes 2014, penerimaan cpns kemendikbud 2014, pendaftaran cpns kementrian perhubungan (kemenhub) 2014 maupun cpns daerah tahun 2014 pula.

Jumlah keseluruhan alokasi formasi cpns tahun ini adalah berjumlah 100 ribu baik itu untuk formasi cpns sebanyak 60 ribu dan sisanya yaitu berjumlah 40 ribu untuk formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Kontrak Kerja) yang telah dipastikan pula oleh pemerintah melalui pejabat yang terkait.

Persyaratan Pendaftaran CPNS Tahun 2014

Ada beberapa syarat dan prasyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon peserta dan juga calon pendaftar dalam rangka mengikuti pelaksanaan ujian tulis CAT cpns 2014 yang mana pemerintah juga telah menegaskan bahwa pelaksaan ujian akan dilakukan secara online dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) 100 yang mana pada tahun sebelumnya masih ada yang menggunakan ujian tes cpns dengan LJK (Lembar Jawab Komputer).

Berikut ini syarat mendaftar peserta cpns di tahun 2014 ini seperti yang dikutip dari laman website BKN khusus pendaftaran online yaitu di http://sscn.bkn.go.id pada bagian menu informasi umum pelaksanaan seleksi cpns 2014 yang berlaku juga persyaratan umum dan khusus antara lain sebagai berikut :
1. Persyaratan Pendaftaran

Kementerian/Lembaga non Kementerian, Pemerintah Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota tertentu, membuka kesempatan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Agustus 2014 untuk mengisi lowongan formasi dengan kwalifikasi pendidikan tertentu. Seluruh calon peserta test CPNS 2014 diharapkan melakukan pendaftaran secara online dengan ketentuan sebagai berikut :

UMUM :
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.
  • Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh tahun) pada tanggal 01 Oktober 2014. Catatan : usia maksimal secara umum adalah 35 tahun, namun setiap instansi mempunyai kewenangan untuk menetapkan batasan usia maksimal yang akan diterima.
  • Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakredirasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) minimal B atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Keterangan Lulus / Ijazah sementara tidak berlaku.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan Swasta lainnya.
  • Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP).
  • Tidak pernah tersangkut perkara pidana atau kasus narkoba.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Calon pelamar di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website http://sscn.bkn.go.id
  • Lowongan Formasi dan kualifikasi pendidikan serta persyaratan tambahan lainnya dapat dilihat pada panduan pendaftaran masing-masing jalur penerimaan setiap instansi.
Persyaratan Khusus :
Telah terdaftar sebagai Tenaga Pencari Kerja pada Bursa Kesempatan Kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam dengan melampirkan berkas seperti berikut ini :
  • Daftar Riwayat Hidup (DRH) meliputi pendidikan formal dan informal serta pengalaman. Khusus pendidikan formal harus dituliskan dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan pendidikan terakhir, nama lembaga pendidikan, tahun lulus pendidikan dan nilai rata-rata ijazah atau IPK.
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk melamar pekerjaan dari Kantor Kepolisian setempat yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku pada saat pendaftaran.
  • Fotocopy Ijazah / STTB terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang : Rektor/Dekan/Ketua/Direktur dengan stempel basah (bukan stempel foto copy).
  • Transkrip nilai akademik yang dilegalisir oleh Dekan Fakultas bagi Perguruan Tinggi Swasta sesuai peraturan pemerintah.
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku pada saat pendaftaran 1 (satu) lembar.
Materi Soal CAT CPNS 2014

Materi Ujian CPNS 2014
Pada pelaksanaan ujian CAT cpns 2014 ini akan berisikan soal-soal cpns yang nantinya terdiri dan terbagi dari soal-soal berikut ini yaitu :
TKD (Tes Kemampuan Dasar) terdiri dari soal-soal yang berisikan tentang :
  • Tes Wawasan Kebangsaan.
  • Tes Intelegensia Umum.
  • Tes Karakteristik Pribadi.
TKB (Tes Kemampuan Bidang)
bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB, artinya setelah lulus TKD maka berarti lulus ujian CPNS. Passing grade kelulusan cpns 2014 sampai saat ini juga belum ditentukan secara resmi oleh pemerintah.

Jadwal Pelaksanaan Ujian Tes CPNS 2014

Jadwal perihal dan terkait dengan adanya pelaksanaan tes cpns dengan sistem CAT tahun 2014 seperti informasi yang didapatkan dari laman website sscn.bkn.go.id nantinya akan terdiri dari hal seperti berikut ini :
  • Penetapan persetujuan rincian formasi instansi.
  • Pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS.
  • Pelaksanaan ujian TKD dan TKB.
  • Pengolahan hasil TKD dan TKB.
  • Pengumuman hasil kelulusan tes seleksi CPNS 2014.
  • Pemberkasan dan penetapan NIP CPNS 2014.
Berikut ini screenshot jadwal ujian CAT CPNS dan Tahapan seleksi CPNS tahun 2014 :

Jadwal Tes Penerimaan CPNS Tahun 2014

Berikut ini jadwal Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 yang dilansir dari laman website www.setkab.go.id Senin tanggal 4 Agustus tahun 2014 ini
  • Pendataan dan penyerahan usulan formasi: April - Mei 2014.
  • Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD : Mei - Juni 2014.
  • Penyusunan soal ujian: mulai Mei 2014.
  • Pengumuman Formasi Lowongan CPNS : Agustus 2014.
  • Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas : Agustus 2014.
  • Penyusunan soal: mulai Juni 2014.
  • Pelaksanaan ujian dan tes CPNS : 1 September 2014 sampai selesai.
  • Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website : November - Desember 2014.
  • Penyerahan SK CPNS: Desember 2014 - Februari 2015.
Dan semoga sahabat-sahabat semuanya yang akan mengikuti seleksi tes cpns untuk mempersiapkan diri dengan baik dan juga banyak belajar mengenai contoh kumpulan soal-soal CAT cpns tahun 2014 dengan baik dan juga tentunya tidak lupa untuk selalu berdoa dan berusaha seoptimal mungkin agar bisa lulus tes cpns dengan baik.

10 comments:

  1. semoga sukses calon-calonnya nanti. pasti seronok dapat berkhidmat untuk negara.

    ReplyDelete
  2. informasi yang sangat membantu bagi yang ingin menjadi pegawai negeri sipil.

    ReplyDelete
  3. Rumit persyaratannya.... tp Insya Allah bisa..

    ReplyDelete
  4. rumit ga pa2,manjada wa jada....bismillah semoga kesempatan ini aq diterima...amin ya Rabbil allamin..

    ReplyDelete
  5. boleh pake surat keterangan lulus??

    ReplyDelete
  6. ga bisa pake surat keterangan lulus ya?

    ReplyDelete
  7. ada tidak yang lulus murni ????

    ReplyDelete
  8. untuk jakur khusus,ditujukan kemana ya lamarannya?

    ReplyDelete
  9. wow.........suppperrrr rumitttttt. Moga2 benar2 terseleksi kualitas CPNSnya. Amin

    ReplyDelete