Penerimaan CPNS Kemenkeu 2014 rekrutmen.depkeu.go.id

Pengumuman Kelulusan Administrasi CPNS Kemenkeu 16 September 2014 dan juga jadwal pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) CPNS Kementrian Keuangan 2014 pada hari Jumat 19 September 2014.

Kementrian Keuangan telah mengumumkan daftar nama-nama yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) seleksi rekrutmen penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia tahun anggaran 2014-2015.



PENGUMUMAN

NOMOR : PENG-05/PANREK/IX/2014
HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ONLINE DAN
JADWAL PENGAMBILAN TANDA PESERTA UJIAN (TPU)
CPNS KEMENTRIAN KEUANGAN 2014
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi online adalah peserta yang memenuhi persyaratan seleksi administrasi sesuai dengan Pengumuman Nomor : PENG- 02 /PANREK/VIII/2014
  • Pelamar yang namanya tercantum dalam Lampiran Pengumuman ini dinyatakan LULUS seleksi administrasi online dan dapat mengambil Tanda Peserta Ujian (TPU) sesuai jadwal yaitu hari Jumat 19 September 2014
UPDATE INFORMASI PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNS KEMENKEU TANGGAL 16 SEPTEMBER 2014 bisa dilihat linknya di bagian paling akhir artikel ini.

Pengumuman Hasil Administrasi CPNS Kemenkeu 2014
Pengumuman Hasil Administrasi CPNS Kemenkeu 2014

UPDATE PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI TKD KEMENTRIAN KEUANGAN 2014

Pengumuman hasil TKD Kemenkeu 2014 tanggal 21 Oktober 2014 resmi diumumkan panitia pengadaan CPNS Kemenkeu 2014 melalui website rekrutmen.depkeu.go.id dan juga website kemenkeu.go.id

Daftar peserta ujian psikotes cpns kementrian keuangan serta alamat jadwal lokasi ujian seleksi psikotes secara lengkap bisa dilihat dan didownload melalui laman situs portal website resmi Kementrian Keuangan Indonesia.

Baca lebih lanjut pada informasi update berikut ini : Pengumuman Kelulusan TKD CPNS Kemenkeu 21 Oktober 2014.


Seleksi tes rekrutmen pendaftaran cpns Kementrian Keuangan 2014 akan dilaksanakan dan melalui proses secara online dan dapat diakses melalui laman website tempat mendaftar online cpns kementrian keuangan ada dua yaitu pertama melalui laman situs website panselnas.menpan.go.id.

Dan selanjutnya sahabat setelah mendapatkan akun dari email yang didaftarkan secara online di website panselnas baru melakukan proses pendaftaran online selanjutnya di http://rekrutmen.depkeu.go.id. Dan juga informasi bisa diperoleh dari website www.kemenkeu.go.id setelah informasi resmi dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang membawahi instansi kementrian ini.

Kementerian Keuangan adalah salah satu institusi Pemerintahan terpenting di Republik Indonesia. Dan juga merupakan salah satu dan bagian dari Instansi Yang Membuka Lowongan CPNS Tahun 2014 di tahun ini.

Kementerian Keuangan bertanggungjawab untuk mengelola pendapatan Negara, pengeluaran negara dan aset negara melalui pengelolaan APBN. Pada tahun 2013 size APBN sudah di atas Rp. 1.600 triliun, naik dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

Penerimaan CPNS Kemenkeu 2014 rekrutmen.depkeu.go.id

Proses rekrutmen tes CPNS di Kementerian Keuangan yang dilaksanakan akan selalu menggunakan dasar serta prinsip transparan, obyektif, kompetitif, akuntabel, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, tidak diskriminatif, efektif dan efisien. Dan hal ini juga nantinya akan diberlakukan juga pada tes cpns online sistem CAT cpns kemenkeu tahun 2014 ini juga.

Tahapan Proses Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2014


Ketika semua calon peserta yang akan mendaftar di dalam proses seleksi tes cpns ini, ada beberapa tahapan yang dilakukan Kemenkeu terkait dengan hal ini seperti halnya pada seleksi di tahun 2013 yang lalu. Berikut persiapan yang sudah semestinya diketahui oleh para calon pelamar peserta tes calon pegawai negeri sipil bulan Juli Agustus seperti yang telah dipaparkan oleh Kemenpan-RB terkait dengan hal ini.

Pendaftaran Online
Bagi yang berminat menjadi CPNS Kementerian Keuangan, dipersilahkan melakukan pendaftaran online dengan klik website http://rekrutmen.depkeu.go.id sampai dengan batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia seleksi nasional di kementrian keuangan setelah informasi resmi diumumkan terkait dengan jadwal pendaftaran cpns kemenkeu tahun 2014 ini.

Setelah melakukan registrasi pendaftaran online, maka pelamar berhak mengikuti seleksi administrasi dengan cara mengunggah (upload) berkas/file hasil scan Ijazah, Transkrip dan Sertifikat ANT/ATT (bagi yang dipersyaratkan) melalui website resmi tempat mendaftar yang telah disebut diatas.

Pengumuman Hasil Administrasi
Setelah mengetahui akan berbagai syarat dan persyaratan tes penerimaan cpns kemenkeu ini yang nantinya juga akan diumumkan maka para pelamar untuk untuk memverifikasi berkas yang diunggah oleh pelamar (upload berkas) dengan persyaratan administrasi yang ditetapkan, jika memenuhi dan sesuai dengan data yang dimasukkan saat pendaftaran online, maka yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya.

Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 16 September 2014 melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id

Setelah nama-nama yang lulus tes administrasi ini diumumkan pada website yang sama, maka tahapan proses selanjutnya adalah pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mendapatkan Tanda Peserta Ujian.

Tahapan proses rekrutmen Jadwal dan Tahapan Rekrutmen CPNS selanjutnya adalah melakukan pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dan juga ketika pengambilan TPU, pelamar harus membawa berkas asli (Ijazah, transkrip, Kartu Identitas, Bukti Pendaftaran), untuk mengetahui keabsahan berkas yang sudah dikirimkan pada saat seleksi administrasi.

CPNS Kementrian Keuangan 2014

Materi Tes CPNS Kemenkeu


Pemerintah di tahun ini telah mewajibkan bahwa pelaksanaan tes CPNS akan menggunakan sistem berbasis komputer yaitu tes CAT (Computer Assisted Test). Di tahapan tes cpns tahun 2013 kemarin kementrian telah menjadwalkan beberapa hal yang berhubungan dengan soal-soal tes cpns kemenkeu.

Jenis tes seleksi kementrian keuangan adalah dengan melakukan TES TKD. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang terdiri dari Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, soal tes tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes ini untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Antara lain adalah Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Berpikir Analitis. Dan tes yang terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes selanjutnya adalah dengan melalui tes Psikotes cpns kementrian keuangan. Dan juga ada bagian dari pelaksanaan tes Kesehatan dan Kebugaran. Dan yang terakhir adalah tes wawancara. Wawancara ini khusus untuk formasi cpns kemenkeu untuk formasi yang berasal dari tingkat pendidikan Sarjana S1 dan S2.

Tahapan yang terakhir nantinya adalah pengumuman final akhir kelulusan cpns kemenkeu 2014 ini yang salah satunya adalah dengan melakukan pemberkasan. Dan hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002, untuk kepentingan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri sipil, masing-masing peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan pemberkasan.

Pengumuman Rekrutmen CPNS Kementrian Keuangan Tahun 2014

Pengumuman Rekrutmen CPNS Kementrian Keuangan Tahun 2014


PENGUMUMAN

NOMOR : PENG- 02 /PANREK/VIII/2014
REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI 
LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2014

Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian Keuangan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai berikut :
  • S1 Farmasi atau Ilmu Farmasi 2 lowongan
  • S1 Ilmu Administrasi Negara 5 lowongan
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional 3 lowongan
  • S1 Ilmu Hukum 31 lowongan
  • S1 Ilmu Komunikasi 1 lowongan
  • S1 Ilmu Perpustakaan atau Ilmu Kepustakaan 8 lowongan
  • S1 Teknik Kimia 17 lowongan
  • S1 Psikologi 8 lowongan
  • S1 Sastra China 3 lowongan
  • S1 Sastra Inggris 3 lowongan
  • S1 Sastra Jepang 3 lowongan
  • S1 Sastra Korea 3 lowongan
  • S1 Sastra Perancis 3 lowongan
  • S1 Sistem Informasi 2 lowongan
  • S1 Statsitik 4 lowongan
  • S1 Teknik Elektro 8 lowongan
  • S1 Teknik Metalurgi, Teknik Material 8 lowongan
  • S1 Teknik Perkapalan 8 lowongan
  • S1 Teknik Perminyakan 8 lowongan
Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian Keuangan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil tahun anggaran 2014-2015 yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Unit kerja yang akan diisi lowongan kementrian keuangan yang dimaksud adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Anggaran, unit kerja Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang, Inspektorat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal dan juga unit kerja Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Persyaratan pendaftaran dan tata cara pendaftaran cpns kementrian keuangan nantinya tidak akan berbeda pada persyaratan di tahun-tahun sebelumnya. Dan bisa secara lebih lengkap dilihat dengan mengakses online situs resmi yang telah disebut diatas.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran/hukuman bagi pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
  • Pelamar merupakan lulusan : Sarjana (dengan IPK Minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4. Diploma Pelayaran (dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4. Diploma Umum (dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4. SMK Pelayaran (dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan). SMK Umum (dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
  • Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 24 Agustus 2014 : Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk Sarjana. Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun untuk Diploma Pelayaran. Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Diploma Umum. Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk SMK Pelayaran.
  • Bagi yang memiliki sertifikat ANT/ATT-IV dapat mendaftar dengan usia maksimal 30 tahun. Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk SMK Umum. Wajib memiliki sertifikat ANT-III untuk DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran (Teknika).
  • Khusus Jabatan Mualim, Juru Motor, Juru Mudi, Juru Minyak dan Kelasi Kapal memiliki persyaratan tambahan sebagai berikut : Laki-laki Tinggi badan minimal 155 cm, Tidak buta warna dan tidak cacat badan.
TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE KEMENKEU 2014
  • Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://panselnas.menpan.go.id/ mulai tanggal 24 Agustus 2014 s.d. tanggal 7 September 2014.
  • Setelah memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional, pelamar harus segera melakukan aktivasi dan melakukan pendaftaran online di website : http://rekrutmen.kemenkeu.go.id minimal 24 jam setelah aktivasi dilakukan pada periode 25 Agustus s.d. 9 September 2014;
  • Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas sebagai berikut : File hasil scan ijazah berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte), File hasil scan transkrip nilai berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte), File hasil scan Sertifikat ANT/ATT III / ANT/ATT IV berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
  • Asli Ijazah, Asli Transkrip, dan Asli Sertifikat ANT/ATT wajib dibawa saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU).
  • Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.
Tahapan Seleksi dan Pengumuman Kelulusan CPNS Kemenkeu 2014
  • Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi : Seleksi Administrasi terdiri dari : Tes Kompetensi Dasar (TKD), Psikotes Lanjutan, Tes Kesehatan dan Kebugaran (untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan SMK dan Diploma III (DIII)). Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara (untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S-1)).
  • Lokasi pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan TA 2014, untuk semua jurusan akan diselenggarakan di 5 (lima) kota, sebagai berikut : Medan, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar.
  • Tambahan kota untuk lokasi tes khusus Jabatan Mualim, Juru Motor, Juru Mudi, Juru Minyak dan Kelasi Kapal (Anak Buah Kapal), sebagai berikut : Batam, Semarang.
  • Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 16 September 2014 melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.
  • Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.
Dalam proses pendaftaran Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2014 berlaku ketentuan sebagai berikut :

  1. Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran ke Kementerian Keuangan sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, wajib mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang diatur sebagaimana tercantum pada angka III.
  2. Bagi mereka yang pernah mengisi Form Pendataan Campaign, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, wajib mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang diatur sebagaimana tercantum pada angka III.
  3. Dalam rangka Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/tes.
  4. Pengumuman setiap tahapan tes ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id
  5. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan dan agar dilaporkan melalui website www.wise.kemenkeu.go.id. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut
  6. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  7. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib, karena telah memberikan keterangan palsu.
Jumlah kuota formasi cpns kemenkeu tahun anggaran 2014-2015 ini sepertinya akan banyak dan bisa bertambah dari tahun sebelumnya. Untuk kuota formasi cpns 2013 yang lalu kementrian ini membutuhkan jumlah formasi sebanyak 2.909 orang yang terdiri dari tingkat pendidikan dan nama jabatan yang akan diisikan pada proses tersebut.

Tingkat pendidikan berjenjang mulai dari Sarjana (S-I), Diploma Pelayaran (D-III), Diploma Umum (D-III), SMK Pelayaran, dan juga SMK Umum yang akan mengisi formasi yang dibutuhkan. Pendidikan tersebut juga program pendidikan yang berbeda.

Bagi yang berminat untuk mendaftar secara online Lowongan CPNS Kementrian Keuangan ini di laman website : http://panselnas.menpan.go.id dan juga di laman website situs : http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.

Pengumuman nama-nama yang lulus administrasi bisa langsung menuju ke link berikut ini ==>> http://www.kemenkeu.go.id/Hasil-Seleksi-Administrasi-Online.

10 comments:

  1. info yang sangat membantu mas, lama nggak berkunjung ke sini, maklum banyak trafk. sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Lowongan di depkeu banyak yang ngincer nih...

    ReplyDelete
  3. banyak sekali lowongan pns tahun 2014 ya mas

    ReplyDelete
  4. sekitar 6.000 orang yang akan diterima untuk tahun ini... ada yang berminat?

    ReplyDelete
  5. Rekan-rekan yg sdg cari loker Yth,
    Hati2 ya bila ada tawaran utk menghubungi seseorang dalam proses seleksi, karena itu hanya akan berujung menjadi mudharat bagi rekan-rekan. Demikian tks.

    ReplyDelete
  6. Saya mau nanya, untuk tau tempat ujian CAT kemenkeu itu dimana ya , ada 5 kota tapi alamat yg pasti di setiap kota itu gimana caranya ya? Atau bisa dilakukan dimana aja ujian CAT itu? Tolong jawab admin. Makasih

    ReplyDelete
  7. Mlm mas....knpa tmpat tesnya hax di 5 kota....gmna dngan kami yg ad di manokwari PAPUA yg ingin ikt tes d kemenkeu...atau memang kami orang PAPUA adlh manusia yg terabaikan.....shinggah kmi tdk pernh d jangkau....in kan pndftran online jdi mending d smua kota ada dong....thanks

    ReplyDelete
  8. Mohon info,,
    Saya sdh mendapat userdan pasword utk daftar,,proses daftar pun sdh diisi,,
    tapi giliran utk upload data selalu mssgenya user atau password salah,itu gmn yaak??
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. terimakasih infonya :) sangat membantu .

    ReplyDelete
  10. Mohon infonya,
    Gimana yah caranya klo saya mau melihat data diri yg ada urutan pilihan formasi.....??
    Masalahnya saya lupa...

    ReplyDelete