Pendaftaran CPNS Kemendikbud Online 2014 Panselnas

Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Kemendikbud 2014 website cpns.kemdikbud.go.id tanggal 25 september 2014 akan resmi diumumkan oleh panitias seleksi penerimaan CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014-2015 ni

Pengumuman kelulusan seleksi administrasi cpns kemdikbud 2014 sesuai jadwal adalah pada hari Kamis 25 September 2014 ini tetapi di website resmi kemendikbud di cpns.kemdikbud.go.id belum tertera pengumuman daftar nama-nama yang lulus seleksi adminitrasi cpns kemendikbud tahun 2014 ini

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pendidikan dan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Informasi pengumuman terbaru dan update CPNS Kemdikbud ini diperoleh dan dilansir dari laman website resmi kemendikbud dalam rangka seleksi tes rekrutmen penerimaan CPNS di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2014-2015 yaitu di cpns.kemdikbud.go.id dan juga www.kemdiknas.go.id

Pendaftaran CPNS Kemendikbud Online 2014
Pendaftaran CPNS Kemendikbud Online 2014

Pendaftaran CPNS Online Kemdikbud 2014


PENGUMUMAN

NOMOR : 106760/A4/KP/2014
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan
Tahun 2014 Pelamar Umum

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud dengan ketentuan sebagai berikut.

Formasi CPNS Kemendikbud 2014
  • Pendaftaran dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga sebagai berikut :
  • 3992 formasi untuk kelompok jabatan dosen pada 108 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 169 formasi kelompok jabatan paramedis pada 10 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 719 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 55 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 659 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja di lingkungan unit utama Kemdikbud dan 71 unit kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT).
  • 130 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja Kopertis.
  • 260 formasi dosen dipekerjakan (dpk) pada 14 unit kerja Kopertis.
Proses tahapan tata cara registrasi Pendaftaran CPNS Kemdikbud 2014 ini seperti kebijaksaan dan keteapan Pemerintah dan juga Kemenpan-RB adalah melalui satu Portal pendaftaran cpns nasional tahun 2014. Portal Panitia Seleksi Nasional CPNS tahun ini adalah melalui dua laman website resmi.

Website situs registrasi online ada dua yaitu di laman website http://panselnas.menpan.go.id dan juga website http://sscn.bkn.go.id. Setelah mendapatkan username dan password ketika melakukan pendaftaran melalui email yang aktif maka selanjutnya adalah melakukan login pada website cpns.kemdikbud.go.id/cpns2014 untuk login dengan pasword tersebut.

Tahapan Alur Cara Persyaratan CPNS Kemendikbud 2014

Tentunya yang pertama adalah mendapatkan akun dan password untuk login dan registrasi online cpns tahun anggaran 2014-2015 melalui kedua laman website dan situs tersebut diatas.

Persyaratan secara Umum adalah sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2014. Bagi pelamar yang berusia 35 tahun dan kurang dari 40 tahun per tanggal yang ditetapkan oleh Panselnas, harus memiliki masa kerja terus menerus sejak 1 April 1997, pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional.
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Persyaratan CPNS Khusus :
  • Persyaratan khusus atau persyaratan lain yang berkaitan dengan penerimaan CPNS ini dapat dilihat pada masing-masing unit kerja Perguruan Tinggi Negeri, Kopertis, dan Unit Utama Pusat serta Unit Pelaksana Teknis (UPT)
Tes CAT TKD CPNS Kemendikbud

Tahapan dan Jadwal Tes CPNS Kemdikbud Tahun 2014 adalah terdiri dari :
  • Seleksi Administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi cpns Kemendikbud 2014 akan diumumkan pada tanggal 25 september 2014.
  • Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
  • Psikotes (hanya untuk 5 peserta dengan nilai terbaik hasil TKD).
  • Wawancara.
  • Jadwal dan tempat pelaksanaan tes sebagaimana angka 2 s.d 4 akan ditentukan kemudian.
  • Pelamar yang lulus dan pengumuman kelulusan tes cpns Kemendikbud 2014 pada setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui situs cpns.kemdikbud.go.id.
  1. Pengumuman tentang Penerimaan CPNS di portal Nasional dan Kemdikbud 4 September 2014
  2. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional : 4 September - 18 September 2014
  3. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal kemdikbud : 5 September - 19 September 2014
  4. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat TKD : 25 September 2014
  5. Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) : dimulai 29 September 2014. Akhir penyelenggaraan TKD tergantung pada jumlah peserta.
  6. Pengiriman berkas pelamar ke P.O. Box dilakukan 10 hari kalender terhitung setelah tanggal pengumuman hasil TKD
  7. Tes Kompetensi Bidang (TKB) : menyesuaikan jadwal unit kerja masing-masing.
  8. Pengumuman Final kelulusan seleksi CPNS : minggu ke III bulan Desember 2014.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Jadwal Ujian TKD CPNS Kemdikbud 2014


Pengumuman kelulusan seleksi administrasi cpns kementrian pendidikan dan kebudayaan RI tahun 2014 yang semula dijadwalkan pada tanggal 25 September akhirnya secara resmi ditunda pada pengumuman yang dicantumkan pada laman website cpns.kemdikbud.go.id pada hari Jum'at 26 September 2014. Dan akan baru diumumkan pada hari Sabtu 4 Oktober 2014.

Lokasi waktu tempat jadwal ujian TKD CAT CPNS Kemendikbud 2014 akan bisa diketahui dengan mengakses laman situs portal resmi kemendikbud pada hari Selasa 7 Oktober 2014 nantinya.

Tempat Lokasi Jadwal Ujian Seleksi TKD CAT CPNS Kemdikbud 2014

Daftar nama-nama yang mengikuti ujian TKD CAT CPNS Kemendikbud 2014 adalah peserta yang telah dinyatakan lulus administrasi dan berhak mengikuti tahapan ujian berikutnya. Alamat lokasi waktu jadwal pelaksanaan ujian TKD CAT CPNS kemendikbud akan resmi diumumkan pada tanggal 4 oktober berdasarkan pengumuman tersebut.

Menindaklanjuti hasil sinkronisasi data dengan Panselnas, kami mengidentifikasi terdapat pelamar yang belum melakukan proses pendaftaran di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Berkenaan dengan hal tersebut kami memperpanjang proses pendaftaran registrasi online cpns ke website Kemendikbud bagi pelamar yang sudah mendaftar di Panselnas tetapi belum melanjutkan proses pendaftaran online di website registrasi.cpns.kemdikbud.go.id

Proses pendaftaran registrasi Online yang diperpanjang sampai dengan tanggal 4 oktober 2014 ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk pada halaman pendaftaran di laman http://cpns.kemdikbud.go.id.
  • Lakukan login dengan menggunakan username dan password sebagai berikut :
  • Username login : NOMOR NIK ANDA
  • Password : PASSWORD YANG ANDA DAFTARKAN PADA FORMULIR PENDAFTARAN PANSELNAS.
Pendaftaran CPNS online kemendikbud 2014 diperpanjang dan dibuka sampai dengan tanggal 4 Oktober 2014.
Terkait dengan hal tersebut, Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 7 Oktober 2014. Rincian tentang nama-nama peserta ujian TKD CPNS kemdikbud, lokasi, tanggal, dan waktu pelaksanaan TKD akan diumumkan di tanggal 7 oktober 2014.

Baca di Informasi berikut ini : Pengunduran Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Kemdikbud 2014

Pendaftaran CPNS Dosen Guru tahun 2014

Untuk formasi cpns kemendikbud tahun 2014 adalah keseluruhan berjumlah 5.500 orang. Dan formasi tersebut juga termasuk lowongan formasi cpns dosen di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Seperti halnya lowongan cpns dosen Universitas Indonesia (UI) jakarta, cpns dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Lowongan cpns dosen Unpad (Universitas Padjajaran) Bandung, cpns dosen ITB Bandung, cpns dosen Universitas Brawijaya Malang dan lowongan pendaftaran cpns dosen Universitas Jenderal Soedirman, (UNSOED) Purwokerto, CPNS Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, CPNS Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta, CPNS Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya,

Formasi cpns guru dosen di kemdikbud ini berikut adalah penuturan dari M. Nuh selaku Menteri PAN-RB terkait dengan formasi cpns untuk guru pendidik dan dosen pada tes seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun ini adalah pada kisaran jumlah 5.000 dosen.

Itu untuk dosen saja. Dan nantinya peserta yang lulus cpns dosen nantinya tidak hanya akan ditempatkan pada perguruan tinggi negeri saja, akan tetapi bisa nantinya ditempatkan pada perguruan tinggi swasta.

Selain guru PNS, pada Agustus 2014 yang akan datang juga ada tes formasi PNS 2014 untuk menambah kuota jatah PNS dosen untuk seluruh Indonesia. Pengangkatan CPNS dosen 2014 ini dikarenakan kebutuhan akan dosen sangat mendesak. Hal ini juga sudah disetujui Menteri PAN-RB.

Untuk lowongan cpns guru di tahun anggaran 2014-2015 ini berdasarkan informasi yang didapat pada website jpnn.com bahwa kuota cpns guru dosen ditambah, guru PNS boleh mengajar di swasta Menurut Nuh, ada banyak alasan sehingga kuota dosen CPNS itu ditambah cukup signifikan.

Proses Pendaftaran CPNS Kemendikbud Di Website Panselnas


Proses Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud 2014 di Website Panselnas

Berikut tata cara registrasi pendaftaran online CPNS kementria pendidikan dan kebudayaan tahun anggaran 2014-2015 :
  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekruitmen CPNS Kemdikbud.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://panselnas.menpan.go.id. dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat email dan password serta pilihan intansi yang dituju (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada satu instansi).
  3. Setelah mendapat email konfirmasi dari Panselnas berupa username dan password, pelamar melanjutkan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemdikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id.
Lakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan sebagai berikut :
  • Mengisi formulir data pendaftaran CPNS online. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan. Sistem akan menentukan lokasi seleksi, hari, dan waktu pelaksanaan seleksi, dan akan diumumkan setelah masa pendaftaran berakhir.
  • Menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar.
  • Menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir.
  • Melakukan upload pas foto.
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
  • Mencetak formulir pendaftaran.
PROSES SELEKSI

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  1. TKD diselenggarakan bagi pelamar yang telah mendaftar pada https://cpns.kemdikbud.go.id sesuai dengan ketentuan tatacara pendaftaran, dan telah mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
  2. TKD dilaksanakan di masing-masing Tempat Uji Kompetensi (TUK).
  3. Pada saat pelaksanaan TKD, setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pendaftaran, serta mengisi daftar hadir yang telah dilengkapi dengan pas foto pelamar.
  4. Mengingat seleksi menggunakan system CAT maka waktu dan tempat pelaksanaan seleksi agar dilihat secara cermat pada http://cpns.kemdikbud.go.id.
  5. Pelamar hanya dapat melaksanakan TKD pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan.
  6. Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi.
  7. Hasil TKD akan diumumkan pada alamat web http://cpns.kemdikbud.go.id.
Tes Kompetensi Bidanq (TKB)
  • Pelamar yang berhak mengikuti TKB adalah pelamar yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) TKD dan memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi.
  • Pelaksanaan TKB dan materi TKB ditentukan oleh unit kerja masing-masing.
  • Khusus bagi pelamar untuk unit utama pusat (Setjen, Itjen, Ditjen PAUDNI, Ditjen Dikdas, Ditjen Dikmen, Ditjen Dikti, Ditjen Kebudayaan, Balitbang, Badan PSDMPK dan PMP, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) dan UPTnya, TKB dilaksanakan dengan sistem CAT. Tempat pelaksanaan test akan ditentukan kemudian.

Pengumuman Kelulusan Seleksi CPNS Kemdikbud 2014

  • Pengumuman kelulusan seleksi administrasi, pengumuman kelulusan seleksi TKD CAT CPNS Kemdikbud 2014 serta juga pengumuman kelulusan seleksi TKB CPNS Kemdikbud 2014 akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diumumkan melalui situs website http://cpns.kemdikbud.go.id dan http://kemdikbud.go.id, dan website unit kerja masing-masing.
  • Jadwal pengumuman final direncanakan dilaksanakan pada minggu III bulan Desember, atau sesuai ketetapan Kementerian PAN dan RB lebih lanjut.
  • Penetapan/keputusan Panitia Pengadaan CPNS Kemdikbud tahun 2014 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
PENETAPAN NIP CPNS Kemendibud 2014
Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melengkapi berkas usul penetapan NIP ke masing-masing unit kerja yang dilamar, untuk selanjutnya akan diajukan ke BKN. Adapun kelengkapan berkas yang harus dipenuhi dan batas waktu penyampaian akan diumumkan setelah pengumuman final.
KETENTUAN LAIN
  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan.
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai CPNS/PNS.
  3. Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan NIP sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
  4. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id.
Silakan untuk selalu memantau berita perkembangan update terbaru seputar informasi pengumuman hasil seleksi penerimaan CPNS Kemendikbud 2014 ini Sahabat-sahabat bisa menuju ke tautan link berikut ini : cpns.kemdikbud.go.id

1 comment:

  1. Semoga calon-calon berjaya mendapat tempat serta berkhidmad buat negara dengan baik.

    ReplyDelete