Pengaruh Stres Dan Depresi Pada Kesehatan Jantung

Tanda gejala depresi dan stress bisa mempunyai pengaruh dampak buruk terhadap kesehatan jantung kita. Penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki tingkat stres dan depresi yang tinggi, 48 persen lebih mungkin meninggal dunia karena serangan jantung dibandingkan mereka yang tingkat stres dan depresinya rendah.

Dalam hasil penelitian terbaru terkait dengan depresi dan stress ini seperti yang dipublikasikan dalam Jurnal Circulation, kemudian juga disiarkan LiveScience telah memperoleh kesimpulan bahwa dua hal tersebut diatas mempunyai pengaruh buruk terhadap orang yang mempunyai masalah penyakit jantung.

Pengaruh Stres Dan Depresi Pada Kesehatan Jantung

Meningkatnya risiko (kematian) yang diiringi tingkat stres tinggi dan depresi berat kaitannya kuat dan konsisten dengan perilaku-perilaku demografis, sejarah medis, penggunaan obat-obatan dan risiko kesehatan.

Demikian dikatakan oleh ketua studi Carmela Alcantara yang juga asisten peneliti pada Pusat Kesehatan Universita Columbia, New York City.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti melibatkan 5.000 orang berusia 45 tahun yang mempunyai penyakit jantung koroner dari 2003 hingga 2007.

Mereka lalu meminta para partisipan menceritakan gejala depresi dan stresnya melalui kuesioner.

Hasil studi menemukan, sekitar enam persen atau 247 orang mengalami stres dan depresi tinggi. Setelah enam tahun masa studi, sekitar 1.337 orang meninggal dunia karena serangan jantung.

Para peneliti mencatat, orang yang sering stres dan depresi, risiko terkena serangan jantungnya meningkat dalam kurun waktu dua setengah tahun. Namun setelah itu, peningkatan risiko justru tak ada.

Mereka juga mendapati fakta, meningkatnya risiko terkena serangan jantung hanya terjadi pada orang yang mengalami kombinasi stres dan depresi, bukan salah satunya.

Alcantara mengatakan, intervensi perilaku dapat membantu penderita penyakit jantung dalam mengelola stres dan depresi mereka.

Penyakit Gangguan Kesehatan Akibat Stres


Penyakit yang ditimbulkan karena stress juga memang tidak bisa dibilang sedikit. Karena pengaruh stres apalagi yang berat serta berkepanjangan akan bisa menimbulkan gejala tanda stres yang akan terlihat baik itu secara fisik maupun secara psikologi juga.

Karena memang beban tekanan mental akan mempengaruhi mempengaruhi keadaan fisik, mental dan emosi seseorang yang sedang mengalaminya.

Penyakit Akibat Stres

Stress adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang akan bisa mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Dan hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Beberapa gangguan kesehatan akibat stress antara lain adalah sebagai berikut :

Tubuh Mudah Terkena Sakit

Beberapa ilmuwan yang telah melakukan penelitian mengenai hubungan stres dengan penyakit ini juga bahwasannya stress akut akan bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia. Beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh ketika beban berlebihan datang.

Hal ini lah yang akan bisa memengaruhi kemampuan kerja daripada kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas leukosit (sel darah putih).

Terganggunya aktifitas sel darah putih ini lah yang akan bisa menurunkan imunitas dan daya tahan tubuh akan menurun. Kita tahu bahwa salah satu fungsi leukosit ini adalah memerangi berbagai jenis virus bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bila terganggu maka otomatis tubuh akan lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan imunitas tubuh sendiri.

Kegemukan (Obesitas)

Banyak manusia ketika sedang dalam tekanan yang berat maka tindakan yang dilakukannya, atau pun mekanisme koping terhadap stres yang dilakukannya adalah dengan banyak makan. Dan yang lebih membahayakan lagi adalah bila makan ini adalah banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat atau pun berkolesterol tinggi.

Terlalu banyak makan junk food, camilan tinggi garam dan gula atau minuman berpengawet dan berperisa buatan secara terus-menerus dalam waktu lama bisa mengakibatkan berat badan berlebih atau obesitas.

Selain itu juga akan memberikan dampak yang buruk lainnya yaitu penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh dan akan banyak lagi penyakit yang bisa timbul akibat dari obesitas serta kolesterol jahat ini.

2 comments:

  1. Heart Attack atau serangan Jantung rupanya ada sebab dari STRESS juga ya Hmmm menambah wawasan saya . Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Makanya jangan setres, caranya adalah dengan menjaga hati dari kesuciannya.

    ReplyDelete