Pendaftaran CPNS Jawa Tengah 2014

Pendaftaran CPNS Online Jawa Tengah 2014 website panselnas akan resmi dibuka oleh Pemerintah Provinsi Jateng mulai tanggal 10 September 2014 ini.

Pengumuman penerimaan seleksi tes CPNS Pemprov Jawa Tengah Jateng 2014 ini resmi didapatkan dan diperoleh serta dilansir dari laman website situs resmi Badan Kepegawaian Daerah BKD Provinsi Jawa Tengah bkd.jatengprov.go.id.

Lowongan CPNS Provinsi Jawa Tengah tahun 2014 akan segera diumumkan setelah Pemerintah Jateng mengumumkan 1.538 formasi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov ini Jateng ini. Karena memang hal ini juga berdasarkan atas kebijaksanaan pemerintah dalam memberikan formasi cpns bagi Instansi Pusat Dan Daerah Membuka Lowongan CPNS di tahun anggaran 2014-2015 ini.

Pengumuman Penerimaan Tes CPNS Pemprov Jawa Tengah Jateng 2014
Penerimaan Pendaftaran CPNS Jawa Tengah 2014

Hal ini juga disampaikan oleh Suko Mardiono selaku Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah tentang informasi lowongan cpns pemprov Jateng ini bahwa formasi jabatan CPNS Jawa Tengah 2014 mendapatkan Alokasi Kuota Formasi CPNS Tahun 2014 sejumlah 1538 formasi, yang terbagi menjadi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapat alokasi 166 formasi.

Sedangkan kabupaten/kota 1372 formasi terbagi dalam 30 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Jumlah formasi masing Kabupaten/Kota berbeda, paling sedikit adalah Kabupaten Purworejo 25 Formasi, dan terbanyak adalah 75 formasi cpns Kota Semarang.

Berikut daftar kabupaten kota di jawa tengah membuka lowongan pendaftaran cpns tahun 2014 yaitu antara lain adalah pendaftaran cpns Pemprov Jateng, Kab Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Pati, Jepara, Blora, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Magelang.

Selain itu juga pendaftaran cpns Temanggung, Purworejo, Kebumen, Klaten, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri, Kota Semarang, Salatiga, Pekalongan, Tegal, Magelang, dan Surakarta.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Jawa Tengah 2014


Berikut penjelasan yang disampaikan di dalam website http://bkd.jatengprov.go.id terkait dengan cara alur tahapan Pendaftaran Online CPNS PEMPROV JAWA TENGAH tahun 2014 di website situs portal panselnas.menpan.go.id dan website sscn.bkn.go.id.

Perbedaan mendasar yang perlu diperhatikan calon pelamar antara lain Pendaftar wajib mengakses portal panselnas.menpan.go.id sebagai langkah awal pendaftaran.

Para pelamar CPNS sebelum melakukan pendaftaran secara online sebaiknya mempelajari terlebih dahulu formasi dan instansi yang akan dilamar dengan Cara Mengakses portal panselnas.menpan.go.id.

Dan dapat mempelajari instansi yang membuka pendaftaran dan formasi yang tersedia sebab, pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali. Pendaftar tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah dipilih.

Pada website tersebut, pelamar diminta mengisi formulir, yang meliputi nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat/tanggal lahir, alamat email, serta instansi yang dituju atau dilamar.

Tidak sedikit keluhan pelamar cpns online di wesbite portal panselnas yaitu saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai. Sehingga bila timbul permasalahan persoalan semacam ini yaitu NIK SUDAH TERDAFTAR.

Untuk itu kepada warga masyarakat atau pelamar yang mengalami permasalahan seperti tersebut di atas, pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK cpns 2014.

Di dalam email tersebut supaya dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran.

Selanjutnya, dalam rentang waktu 1x24 jam, notifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Notifikasi berisi username dan password untuk login ke portal sscn.bkn.go.id dalam portal dimaksud pelamar diwajibkan mengisikan kualifikasi pendidikan dan formasi yang dilamar.

Pendaftaran CPNS Jawa Tengah 2014

Formasi CPNS Pemprov Jateng 2014


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka lowongan 166 formasi antara lain :
  • Formasi Guru dengan kualifikasi pendidikan S-1 Ilmu Kependidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Jawa, Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Formasi tenaga kesehatan antara lain : Dokter Spesialis, Apoteker, Perawat, Perekam Medis, Nutrisionis, Radiografer, Ortosis Prostetis, dan lain-lain.
  • Formasi tenaga teknis antara lain : D-3 Ekonomi /Keuangan/ Komputer/Teknik Sipil, S-1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ilmu Kesejahteraan Sosial/Sosiologi/Ilmu Komunikasi, S-2Manajemen Sumber Daya Manusia, S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia; S-1 Akuntansi + Profesi Akuntan, Penera dan lain-lain.
  • Informasi lebih lengkap dapat diakses pada panselnas.menpan.go.id.
Selanjutnya untuk penentuan persyaratan CPNS merupakan kewenangan masing-masing Provinsi/Kabupaten/Kota, sedangkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan persyaratan secara umum antara lain adalah sebagai berikut :
  1. berusia minimal 18 tahun s.d 35 tahun per 1 Januari 2015.
  2. IPK minimal minimal 3,00 (tiga koma nol-nol) untuk lulusan D.III, S.1, S2, Dokter Umum dan Dokter Spesialis.
  3. untuk pelamar Satpol PP tinggi badan minimal Putra 160 cm dan Putri 155 cm, pelamar tenaga kesehatan wajib memiliki STR/SIB/SIP yang masih berlaku dan tidak buta warna.
Pelamar yang sudah mendaftar secara online selanjutnya diwajibkan mencetak bukti pendaftaran yang dilampiri :
  • Surat lamaran.
  • Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar yang ditempel pada lembar biodata.
  • Foto copy KTP yang masih berlaku diperbesar 200 % dilegalisir oleh pejabat yang berwenang serendah-rendahnya Kepala Desa/Lurah/pejabat setingkat tempat KTP dikeluarkan.
  • Foto copy ijazah dan transkrip nilai dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli, stempel basah instansi yang berwenang.
  • Asli Surat Keterangan yang menyatakan tinggi badan dari Dokter RSUD/Puskesmas/RS TNI/RS POLRI, bagi pelamar Jabatan Sat Pol PP.
  • Asli Surat Keterangan yang menyatakan dan tertulis “tidak buta warna” dari Dokter RSUD/Puskesmas/RS TNI/RS POLRI, bagi pelamar Tenaga Kesehatan.
  • Foto copy SIP/SIB/STR dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (MTKI/MTKP/KKI) dengan tanda tangan asli dan stempel basah, bagi pelamar Tenaga Kesehatan.
  • Legalisir dokumen harus dengan tanda tangan asli tidak boleh dengan scan/tanda tangan stempel/foto copy dokumen asli yang distempel dan lain-lain.
  • Pengumuman kelulusan seleksi administrasi, dan pengumuman kelulusan tes TKD CPNS Jawa Tengah 2014, serta juga pengumuman kelulusan Tes CPNS Pemprov Jawa Tengah Tahun 2014 akan diumumkan dan diberitahu selanjutnya.
Tes CAT CPNS Pemprov Jawa Tengah 2014

Seperti yang telah dijelaskan oleh Pemerintah bahwasannya Pemerintah akan menggunakan 100% sistem berbasik komputer CAT (Computer Assisted Test) pada penerimaan cpns di tahun 2014 ini baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah seperti provinsi kabupaten kota yang buka lowongan cpns tahun anggaran 2014-2015 ini.

Demikian pula, provinsi jawa tengah dalam mengadakan seleksi pendaftaran online dan juga tes online akan menggunakan sistem komputer (CAT) ini juga. Yang akan difasilitasi oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara). Bahkan BKN juga menggelar simulasi latihan soal CAT CPNS pula di website resminya.

Baca lebih lanjut dalam informasi berikut ini : Soal-Soal CAT BKN 2014.

Untuk Prinsip Pengadaan Seleksi Tes CPNS, Pemerintah menetapkan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara (ASN), khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014.

Penegasan penetapan sistem tertuang dalam Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014Â tanggal 3 Juli 2014, tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014.

CPNS Pemprov Jawa Tengah 2014

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri PANRB nomor B/2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Tambahan Alokasi Formasi ASN. Disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat dan daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN). (bkd.jatengprov.go.id).

Untuk jadwal tahapan seleksi persyaratan pendaftaran CPNS 2014 Jateng belum bisa dipastikan karena masih menunggu keputusan resmi dari Kemenpan dan RB. Dan dalam penerimaan CPNS Jateng 2014 Sistem Seleksi penerimaan CPNS nantinya menggunakan sistem computer assisted test [CAT] secara online sehingga transparan karena pelamar bisa langsung mengetahui hasil nilai tes.

Pendaftaran online cpnsd jateng 2014 ini akan bisa diakses melalui laman website portal di alamat melamar cpns online tahun 2014 ini di panselnas.menpan.go.id setelah tanggal 20 September 2014 ini dan juga di cpns.jatengprov.go.id setelah resmi diumumkan.

Untuk melihat pengumuman resminya sahabat-sahabat semuanya bisa mengunjungi link website berikut ini : bkd.jatengprov.go.id.

1 comment:

  1. Wah informasi yang menarik sekali. Alhamdulillah Istri saya lulus CPNS tahun 2008 yang lalu, dan sejak bulan Maret 2014 kemarin sudah genap 5 tahun sebagai "pelayan masyarakat". Hiehiehiee. Menjadi CPNS tetap menjadi salah satu tujuan anak muda di Indonesia. Mau terima atau tidak memang itu kenyataannya. Salam dari Pontianak

    ReplyDelete